(0751) 444344 akademik.stifarm@gmail.com | pmb.stifarm@gmail.com
berita
berita
berita
berita

Sidang Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Angkatan Pertama di STIFARM Padang

Senin/30-10-2023 (15:43:44) Dibaca 1114

Padang, 28 Oktober 2023 – Telah berlangsung pengucapan lafal sumpah apoteker angkatan pertama STIFARM Padang. Perheletan perdana bagi STIFARM PADANG  ini digelar di Hotel Truntum Padang dan dihadiri oleh Dewan Sumpah yang terdiri Ketua STIFARM Padang, Prof. Dr. rer. nat. apt. H. Auzal Halim, Ketua Umum Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia, apt. Noffendri Roestam, S.Si, serta Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) STIFARM Padang, DR. apt. Rina Wahyuni,M.Farm, dan turut hadir undangan dari para dosen, preseptor dan keluarga yang akan disumpah.

Perjalanan studi dimulai dengan orientasi, matrikulasi selama dua minggu, studi kasus, dan pembekalan praktik kerja profesi apoteker (PKPA). Selama studi mereka, para mahasiswa profesi apoteker menjalani PKPA di berbagai lokasi, seperti rumah sakit, puskesmas, apotek, industri farmasi, dan pedagang besar farmasi, yang tersebar di Sumatera Barat dan Pulau Jawa.

PKPA dilaksanakan di seluruh cabang apotek Kimia Farma yang tersebar di Kota Padang, PKPA rumah sakit dilakukan di rumah sakit seperti RSUD Padang Panjang dan RS Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi. PKPA di bidang distribusi dilakukan di PT.Enseval Kota Padang, Penta Vallent, dan lainnya. Untuk industri, praktek kerja dilakukan di PT. Nusantara Beta Farma, PT. Sanbe Farma, PT. Metiska Farma, dan industri obat lainnya. Selama perkuliahan, mahasiswa dibekali skill lab untuk membekali mahasiswa dalam ujian kompetensi nasional. 

Suatu hal yang istimewa yang membanggakan bagi STIFARM Padang bahwa  persentase kelulusan PSPPA ini adalah 95,45%, dengan tingkat kelulusan  berada pada peringkat 16 dari 56 prodi apoteker yang ada di seluruh Indonesia. Peringkat kelulusan STIFARM Padang berada dibawah Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya. STIFARM Padang tentunya berbangga dan bahagia, karena keikutsertaan ujian apoteker ini baru pertama kali dan alhamdulillah STIFARM Padang berada pada peringkat 20 besar Tentunya kita berharap dan berusaha untuk terus memperbaiki persentase kelulusan prodi apoteker ini.

Pada sidang pengucapan sumpah ini, Dr. apt. Rina Wahyuni, M. Farm selaku Ketua Program Studi, membacakan laporan dan surat keputusan (SK) kelulusan. Sebanyak 21 apoteker baru, dinyatakan lulus dalam ujian akhir program pendidikan profesi apoteker dan ujian kompetensi apoteker Indonesia tahun 2022/2023. Mereka menerima ijazah, sertifikat lulus, sertifikat kompetensi, dan berhak menggunakan gelar apoteker sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengambilan sumpah apoteker baru bersama rohaniawan dan pengucapan lafal sumpah apoteker dipimpin oleh Prof. Dr. rer.nat. apt. H. Auzal Halim, Ketua STIFARM Padang. Tantangan profesi apoteker saat ini semakin kompleks, dan para apoteker lulusan STIFARM Padang diharapkan dapat berkontribusi dengan meyakinkan dalam melayani masyarakat dan bekerjasama dengan profesi lain di bidang kesehatan.

Sidang pengucapan lafal sumpah apoteker ini bukan hanya upacara formal, tetapi juga awal dari pengabdian mereka kepada masyarakat. Para apoteker baru yang lulus dari STIFARM Padang diharapkan dapat menjadikan sumpah mereka sebagai pedoman dalam menjalani profesi dan menghadapi tantangan yang ada di dunia kesehatan.
Selamat kepada apoteker-apoteker baru yang sekarang telah bergabung sebagai rekan sejawat. Semoga pengucapan sumpah ini menjadi tonggak awal menuju kesuksesan dalam profesi yang mulia ini. Jadikan hadirmu, jati dirimu!