(0751) 444344 akademik.stifarm@gmail.com | pmb.stifarm@gmail.com
berita
berita
berita
berita

STIFARM Padang Meningkatkan Kompetensi Dosen melalui Pelatihan Virtual Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB)

Sabtu/02-03-2024 (12:08:22) Dibaca 233

STIFARM Padang, 1-2 Maret 2024 - STIFARM Padang terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan penelitian yang berkualitas. Sebagai bukti komitmennya, kampus ini telah memfasilitasi 10 orang dosen untuk mengikuti pelatihan Virtual Course & Workshop on Applied Good Clinical Practice (GCP) atau Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB). Pelatihan ini diselenggarakan oleh IASMED (The Indonesian Association for Study of Medicinals) melalui aplikasi Zoom.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang CUKB kepada para dosen, termasuk peran dan tanggung jawab dalam uji klinik, protokol, pelaporan adverse event, serta monitoring uji klinik. Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya. 

Berikut ini  adalah Materi dan Narasumber dalam Kegiatan ini adalah :

1. Introduksi Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB) - Prof. Dr. dr. Rianto Setiabudy, Sp.FK

2. Peran dan Tanggung Jawab Komisi Etik Penelitian dalam CUKB - Prof. Dr. dr. Rianto Setiabudy, Sp.FK

3. Informasi untuk Calon Subjek & Informed Consent + Workshop 1 - Prof. Dr. dr. Rianto Setiabudy, Sp.FK

4. Peran dan Tanggung jawab Peneliti dalam Uji Klinik - Dr. dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHA, FESC, FACC

5. Protokol dan Amandemen Protokol Uji Klinik - dr. Henu Tonang

6. Pelaporan AE (Adverse Event) dan SAE (Serious AE) dalam Uji Klinik + Wokshop 2 - dr. Henu Tonang

7. Brosur Peneliti, Dokumen Esensial & Produk yang diteliti dalam Uji Klinik & Workshop 3 - dr. Henu Tonang

8. Monitoring Uji Klinik & Source Document Verification (SDV) + Workshop 4 - apt. Valentina Ermita Herdani, M.Sc

9. Peran dan Tanggung Jawab Sponsor dan CRO - Dr. apt. Ida Paulina Sormin, MSi.

10 .Peran dan Tanggung Jawab CRC dan Persiapan Tempat Penelitian - Dr. apt. Ida Paulina Sormin, MSi.

10 Dosen-dosen yang terlibat dalam pelatihan ini antara lain: apt. Sanezea Effendy, M.S.Farm, apt. Sri Oktavia, M.Farm, apt. Ulfa Syafli Nosa, M.Farm.Klin, apt. Putri Ramadhani, M.Farm.Klin, apt. Hendri Satria Kamal Uyun M.Farm, apt. Syifa Adriani, M.Farm, apt. Endang Agustina, S.Si, M.Farm, apt. Ully chairunisa M.Farm, apt. Rezlie Bellatasie M.Farm.Klin, apt. Ifora, M.Farm. Mereka diberikan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan uji klinik yang baik, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi. Dari hasil Tes yang dilakukan, Semua dosen STIFARM Padang ini telah dinyatakan Lulus dan Bekompeten untuk melakukan Uji Klinik dibuktikan dengan Sertifikat yang diberikan oleh IASMED.

Diharapkan, dengan meningkatnya kompetensi dosen dalam melakukan uji klinik yang baik, STIFARM Padang akan dapat berkontribusi lebih besar dalam penelitian dan pengembangan obat yang bermanfaat bagi masyarakat. Langkah ini juga merupakan bagian dari upaya kampus untuk terus menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri farmasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan inovasi di STIFARM Padang, dapat mengunjungi website resmi kampus di https://stifarm-padang.ac.id/?module=berita